ALL ABOUT THE BLOG "IS"

Sejarah Blog
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.





Definisi Blog
Blog merupakan hasil evolusi dari diary online: Diary atau catatan harian mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online (menggunakan website). Salah seorang pioneer dari internet-based journalist ini adalah Justin Hall, yang melakukan membuat online diarynya Justin Links From The Underground ketika dia masih merupakan pelajar dari Swarthmore College. Kala itu, Blog (atau ketika itu bernama online diary) pada umumnya merupakan website yang berisi kumpulan link menuju halaman web lain yang disertai komentar dan opini pemilik online diary tersebut mengenai halaman dari tujuan link tersebut. Sehingga online diary ketika itu bisa juga dikatakan sebagai katalog link berdasarkan opini pemilik. Para diarist adalah editor yang memilih link mana yang menarik dan menampilkan link tersebut di online diarynya.
Pada tahun 1997, Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelola website online diary “robot wisdom” menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Logging bisa diartikan masuk. So, logging the web bisa diartikan “memasuki web”. Korelasinya adalah blogger awal di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortir link-link menarik berdasarkan opininya.
Hingga 1998, baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasikan sebagai blog, hingga ketika itu menjelajahi semua weblog masih memungkingkan untuk di lakukan. Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog kemudian di sebut “blogger”.

Dari titik itulah semuanya berubah. Semakin hari, semakin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog menjadi semakin signifikan ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Blogger.com merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog. Di titik ini, blog benar-benar berubah. Bahkan definisi blog mulai bergeser. Blog yang awalnya merupakan kumpulan link yang dikomentari oleh pemilik blog, mulai bergeser menjadi media ekspresi bebas semau pemilik blog yang ditampilkan secara kronologis terbalik.
Dari sini, semuanya benar-benar berubah. Blog bertumbuh demikian cepat. Terlebih setelah Movable Type diluncurkan dan wordpress sebagai project kelanjutan cms b2 dirilis ke publik sebagai blog engine.
Jenis-jenis blog ;
• Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
• Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
• Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
• Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
• Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
• Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
• Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
• Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
• Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
• Blog agama: Membahas tentang agama
• Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
• Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
• Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
• Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
• Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
• Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

Manfaat Ngeblog Berdasarkan Jenis Blog
Saat ini banyak orang yang ingin memanfaatkan Blog sebagai penghasil uang. Banyak juga yang memanfaatkannya untuk menjual ebook tentang Menghasilkan Uang menggunakan Blog. Kita mesti hati-hati dan lebih teliti terhadap hal ini, jangan percaya akan gembar-gembornya. Kebanyakan memberikan promosi cara cepat menghasilkan ribuan dollar melalui Blog. Menurut saya tidak ada cara cepat itu, kecuali menggunakan teknik Black Hat, dan ini tidak bersifat permanen.
Saran saya bagi yang ingin memulai mengembangkan Blog untuk penghasil uang, maka saya dapat berikan beberapa item yang harus dicek :
• Sumber Topik termasuk penguasaannya. Semakin Anda menguasai topik Blog Anda maka akan semakin mudah Anda menulis artikel yang berkaitan dengan Topik Blog Anda. Tidak harus berasal dari Anda, mungkin Anda memiliki nara sumber yang baik pun cukup untuk memulainya.
• Belajarlah tentang meningkatkan page rangking Blog Anda : semakin tinggi page rangking situs maka semakin tinggi pula kemungkinan iklan mahal muncul di Blog Anda.
• Pikirkan tentang trafik Blog Anda : bagaimana cara Anda untuk mendatangkan lebih dan lebih banyak lagi pengunjung ke Blog Anda. Sehingga kemungkinan pengunjung untuk meng-klik salah satu iklan di Blog Anda semakin besar.
• Waktu dan Disiplin : disiplin untuk mengupdate Blog Anda secara rutin sehingga pengunjung Anda selalu ingin membuka Blog Anda. Nge-blog merupakan kegiatan terus menerus dan rutin.
• Pelajari tentang software-software pembantu atau plugin di Blog Anda : plugin ada yang membantu dari sisi pengunjung maupun Anda, jadi pelajarilah tentang plugin yang baik sehingga Blog Anda menjadi lebih menarik.
• Tidak harus google Adsense : seperti kita ketahui Adsense jarang bisa atau malah tidak bisa dipasang di situs bahasa Indonesia. Tetapi jangan kawatir, masih banyak pilihan yang lain. sering-seringlah mengunjungi Blog orang lain atau forum-forum untuk melihat solusi lain.
Tip dan Trick
Kegiatan blogging tidak lepas dari pembaca yang setia, pembaca tersebut tentunya mempunyai keunikan dan ciri khas masing - masing. Nah bagaimana caranya kita mengumpulkan dan menargetkan siapa yang akan menjadi guest kita?. Sangatlah mudah untuk menentukan siapakah pembaca kita jika anda mengenal blog anda sendiri. Mengapa?, karena isi blog anda yang dapat memancing para pembaca berdatangan ke blog anda. Seperti layaknya koran atau majalan yang biasanya menargetkan siapakah pembaca mereka, maka blog pun demikian. Menurut saya blog secara umum terbagi menjadi beberapa kategori yaitu umum, blog tutorial, blog bisnis.




Blog Umum / General Blog
Jenis blog jenis ini biasanya adalah jenis blog yang berisikan tentang pengetahuan umum, opini, pendidikan , maupun berita. Kebanyakan dari blog bertipe umum adalah blog copas (Copy Paste), makanya mereka bisa memposting hingga puluhan artikel tiap harinya. Biasanya jenis blog yang paling tinggi trafficnya diantara semua jenis blog. Terkadang blog ini dapat didatangi hingga 10 ribu pengunjung tiap harinya. Hal tersebut memang wajar, karena blog ini bisa dibaca oleh orang tua, anak muda, anak - anak , lelaki maupun perempuan.
Tips Untuk General Blog
Tips yang saya berikan adalah
• Anda harus terus posting minimal 1 kali sehari, maksimal tidak ditentukan. Akan tetapi saran saya anda tidak memposting lebih dari 25 post tiap harinya.
• Buat loading anda seringan mungkin, sehingga para pembaca nyaman untuk pembaca di blog anda. Jika anda tidak tahu caranya silahkan baca Cara membuat loading blog lebih cepat dan mempercepat loading blog secara spesifik.
• Buat iklan anda seminimal mungkin (Jangan terlalu banyak iklan).
• Permudah pencarian dalam blog anda, karena para pembaca anda biasanya orang awam yang tidak mengerti blog, sehingga mereka akan kesulitan jika blog archive atau label anda sulit dilihat.
• Jangan lupa selalu cantumkan sumber dari artikel yang anda ambil, agar anda tidak dianggap maling (scrapper).
Blog Tutorial / Blog Tips
Sesuai dengan namanya blog ini biasanya berisikan tutorial - tutorial dalam membuat blog. Jenis blog ini biasanya mengajarkan anda bagaimana cara mengelolah blog, dan mendapatkan keuntungan dari blogging. Karena hanya membahas seputar blogging, tutorial, tips, dan uang tentunya pembacanya lebih sedikit dari blog umum. Pembacanya biasa adalah para blogger pemula hingga pro, karena jarang orang mau membaca blog tutorial jika ia tidak tertarik untuk membuat blog.
Tips Untuk Blog Tutorial
Tips yang saya berikan adalah
• Buat postingan yang bermutu dan unik.
• Jangan sering mengcopas artikel milik orang lain, jika mengcopy silahkan sediakan link back terhadap blog yang bersangkutan.
• Adanya frekuensi update yang teratur sehingga para pembaca akan terus datang ke blog anda.
• Rajin - rajinlah promosikan blog anda ke sobat blogger lainnya. Bacalah Tips blogwalking dan Cara mempercepat blogwalking.
• Jika blog anda belum terkenal, buat blog anda cepat dan mudah untuk diakses.
Blog Bisnis / Affiliate Blog
Jenis blog ini adalah blog yang menawarkan berbagai produk jualan di blog mereka. Biasanya blog ini menjual pakaian, barang elektronik, buku atau ebook, dll. Intinya mereka membuat blog untuk mempromosikan barang dagangan mereka. Biasanya pengunjung yang datang ke blog jenis ini adalah pengunjung yang memang sedang mencari barang, jadi jika tidak mau beli barang atau tidak suka dengan barang dagangannya otomatis akan langsung ditinggalkan oleh pengunjung.
Tips Untuk Blog Affiliate
Tips yang saya berikan adalah
• Selalu Up to Date, artinya juallah barang yang sedang ngetren atau yang paling laku pada saat ini.
• Jujur dalam memberikan informasi barang yang anda jual. Janganlah berbohong kepada pelanggan, karena kunci kesuksesan dalam bisnis adalah kepercayaan.
• Jangan promosikan barang yang anda jual secara berlebihan kepada calon pembeli, karena nanti akan dikira produk sampah atau barang murahan yang banyak di internet.
• Beri kemudahan kepada pelanggan anda dalam mencari, dan membeli barang.
• Tawari calon pembeli dengan produk gratisan sehingga mereka akan tergiur untuk menjadi pelanggan anda.
• Beri kualitas yang baik dalam produk gratisan anda, dan janganlah memberikan informasi setengah - setengah di dalamnya. Karena para pengunjung paling benci akan hal tersebut.

Demikian penjelasan saya tentang sejarah blog, defines blog, jenis-jenis blog hingga tip dan trik untuk menjadi blogger professional..Bagaimana saya banyak kekurangannya dalam penjelasan tersebut untuk kawn-kaan semua silahkan untuk memberikan komentar, saran dan kritik untuk kemjaun say secara ribadi dalam melakukan penulisan blog selanjutnya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar